News

16
Jun

Pengumuman AMDAL

PENGUMUMAN AMDAL
RENCANA PEMBANGUNAN ANGKUTAN MASSAL BERBASIS REL
INNER CITY TRANSPORTATION LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) INDONESIA

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. merencanakan akan melaksanakan Pembangunan Jalur Layang Ganda Angkutan Massal Berbasis Rel dengan Moda Light Rail Transit (LRT) beserta Stasiun, Depo dan Prasarana Pendukungnya pada Koridor Cibubur - Ciracas - Kampung Rambutan - Taman Mini - Cawang - Cikoko - Tebet BKPM - Pancoran - Smesco - Kuningan - Kasablanka - GOR Soemantri - Kuningan Sentral - Dukuh Atas sepanjang 24,20 KM dan pada Koridor Bekasi Timur - Bekasi Barat - Jatibening - Jatiwaringin - Halim - Cawang sepanjang 18,90 KM. Berdasarkan Permen LH No. 05 Tahun 2012, rencana pembangunan ini wajib dilengkapi dengan AMDAL.


Kebutuhan pembangunan angkutan massal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan meningkatnya kemacetan perjalanan menuju Jakarta. Adapun tujuan pembangunan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kepastian waktu perjalanan, membantu mengurangi kemacetan dan membantu efisiensi dalam penggunaan bahan bakar minyak oleh kendaraan pribadi. Secara umum dengan adanya kegiatan ini menimbulkan dampak negatif diantaranya meningkatnya kemacetan dan meningkatnya pencemaran udara pada tahap konstruksi serta meningkatnya kebisingan pada tahap operasi. Sedangkan dampak positif yang diperkirakan dapat timbul adalah terbukanya kesempatan kerja, meningkatnya kepastian waktu perjalanan dan meningkatnya efisiensi penggunaan bahan bakar.


Dalam rangka memenuhi Permen LH No. 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses Amdal dan Ijin Lingkungan terhitung mulai tanggal 12 Juni 2015 PT Adhi Karya (Persero) Tbk. mengumumkan rencana kegiatan tersebut dan mengharapkan saran, masukan dan tanggapan dari masyarakat sebagai bahan kajian dan telaahan dalam proses penyusunan AMDAL selanjutnya. Batas waktu penyampaian saran, pendapat dan tanggapan adalah 10 (sepuluh) hari kerja terhitung sejak tanggal pengumuman ini.
Saran, Masukan dan Tanggapan disampaikan kepada:

 

 1. Kementerian Lingkungan Hidup
Jalan D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas,
Jakarta 13410
Telepon : (021) 8580103
Fax. : (021) 8580101
           2. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.
         Jalan Raya Pasar Minggu KM. 18
Jakarta 12510
Telepon : (021) 7975312
Fax. : (021) 7975311